Tautan-tautan Akses

Israel: Tak Ada Kemajuan dalam Perundingan dengan Hamas


Kepala perunding Palestina Saeb Erekat (kiri) dengan Ketua Liga Arab Nabil el-Araby di Kairo, Selasa (12/8).

Kepala perunding Palestina Saeb Erekat (kiri) dengan Ketua Liga Arab Nabil el-Araby di Kairo, Selasa (12/8).

Para perunding Israel dan Hamas telah melangsungkan pembicaraan tidak langsung di Kairo yang ditujukan untuk mencari penyelesaian yang lebih permanen untuk mengakhiri kekerasan.

Para perunding Israel mengatakan, tidak ada kemajuan dalam pembicaraan yang diperantarai Mesir dengan Hamas mengenai bagaimana mengakhiri pertempuran di Jalur Gaza.

Pernyataan yang dikeluarkan pejabat Israel itu, muncul Selasa, hari kedua gencatan senjata 72 jam yang saat ini tampak bertahan.

Para perunding dari Israel dan Hamas telah melangsungkan pembicaraan tidak langsung di Kairo yang ditujukan untuk mencari penyelesaian yang lebih permanen untuk mengakhiri kekerasan.

Perselisihan antara kedua pihak masih runcing, namun baik para pejabat Palestina maupun para pejabat lsrael mengatakan, mereka berharap menciptakan kemajuan selama sidang yang berlangsung tegang hari Selasa.

Hamas menyerukan pengakhiran sepenuhnya blokade Israel-Mesir yang mencegah warga Palestina meninggalkan Gaza dan membuat mayoritas penduduknya bergantung pada bantuan kemanusiaan.

Israel mengatakan tidak akan melonggarkan pembatasan kecuali dapat memastikan demiliterisasi Hamas, yang telah menembakkan ribuan roket ke Israel dalam beberapa pekan terakhir.

Lebih dari 1.900 warga Palestina, umumnya warga sipil, telah tewas dalam pertempuran yang pecah awal Juli lalu. Enam puluh empat tentara Israel dan tiga warga sipil Israel juga tewas.

XS
SM
MD
LG