Tautan-tautan Akses

AS

Menteri Urusan Keamanan Dalam Negeri AS: Upaya Keamanan Membaik


Menteri Urusan Keamanan Dalam Negeri Amerika Jeh Johnson (Foto: dok- AP Photo/Nick Ut).

Menteri Urusan Keamanan Dalam Negeri Amerika Jeh Johnson (Foto: dok- AP Photo/Nick Ut).

Jumlah anak-anak yang berupaya memasuki Amerika secara ilegal tahun ini turun hingga 45 persen, menyusul kampanye agresif untuk mencegah terjadinya gelombang imigrasi ilegal.

Menteri Urusan Keamanan Dalam Negeri Amerika Jeh Johnson mengatakan semakin sedikit orang yang berupaya berimigrasi secara ilegal melalui perbatasan barat daya Amerika.

Tahun lalu, terjadi gelombang besar-besaran anak-anak yang berimigrasi ke Amerika tanpa ditemani orang tua mereka, tetapi Jeh Johnson, Jumat (24/4) mengatakan jumlah anak-anak yang berupaya memasuki Amerika secara ilegal tahun ini turun hingga 45 persen, menyusul kampanye agresif untuk mencegah terjadinya gelombang imigrasi ilegal itu lagi.

Jeh Johnson mengatakan 151.805 penangkapan dalam beberapa bulan terakhir ini di perbatasan barat daya Amerika – yang menurutnya merupakan indikator kuat jumlah upaya menyeberangi perbatasan secara ilegal – turun hampir 60 ribu atau sekitar 28 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Jumlah itu termasuk anak-anak yang tidak ditemani orang tua mereka, “keluarga” dan orang dewasa yang berimigrasi seorang diri.

Amerika telah bekerjasama dengan pemerintah Meksiko dan beberapa negara Amerika Tengah untuk “menghilangkan potensi misinformasi” tentang kebijakan dan UU imigrasi Amerika – ujar John – dengan memasang pemberitahuan-pemberitahuan tentang kebijakan tersebut di tempat-tempat perhentian bis di seluruh Amerika Tengah.

XS
SM
MD
LG