Tautan-tautan Akses

Menteri Pertahanan Inggris Mengundurkan Diri


Menteri Pertahanan Inggris, Liam Fox mengundurkan diri (14/10) karena melibatkan seorang temannya dalam lawatan resmi.

Menteri Pertahanan Inggris, Liam Fox mengundurkan diri (14/10) karena melibatkan seorang temannya dalam lawatan resmi.

Liam Fox mengundurkan diri di tengah merebaknya pertanyaan tentang seorang temannya yang sering mendampinginya melawat ke luar negeri.

Menteri Pertahanan Inggris Liam Fox mengundurkan diri di tengah merebaknya pertanyaan tentang hubungannya dengan seorang teman yang mengaku sebagai penasihat pemerintah dan pergi bersamanya ke luar negeri dalam berbagai lawatan resmi.

Fox meminta maaf kepada Perdana Menteri David Cameron dalam surat pengunduran diri hari Jumat, dengan mengatakan ia secara keliru membiarkan kepentingan pribadi dan tugas pemerintah “menjadi kabur”.

Menteri Pertahanan Fox mundur beberapa hari menjelang kemungkinan dirilisnya penyelidikan pemerintah mengenai persahabatannya dengan Adam Werritty, yang dulu pernah menjadi teman se-apartemen dengan Fox dan menjadi pengiringnya ketika ia menikah tahun 2005.

Fox memberitahu parlemen awal pekan ini, Werritty pergi bersamanya ke luar negeri meski tidak mempunyai peran resmi. Media Inggris melaporkan Werritty membagikan kartu nama dengan menyebut dirinya sebagai penasihat menteri pertahanan.

Laporan media menyebutkan, kepentingan asing yang mungkin hendak memajukan kebijakan luar negeri Inggris yang lebih keras atau terpilih memperoleh dukungan untuk kontrak pertahanan, telah menyalurkan 231 ribu dolar ke rekening yang dibuka Werritty untuk membiayai perjalanannya.

Cameron kecewa Fox mundur, tapi memuji usahanya mengawasi serangan militer Inggris di Afghanistan dan Libya. Pemimpin Inggris itu menunjuk menteri perhubungan Philip Hammond sebagai menteri pertahanan baru. Sedangkan Justine Greening, menteri keuangan, akan menggantikan Hammond sebagai menteri perhubungan.

XS
SM
MD
LG