Tautan-tautan Akses

AS

Menteri Pertahanan AS Umumkan Upaya untuk Tingkatkan Keunggulan Militer Amerika


Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengumumkan upaya baru guna mempertahankan dan meningkatkan keunggulan militer Amerika.

Program "Inovasi Pertahanan" yang baru tersebut berambisi mendorong terobosan dalam teknologi mutakhir, mulai dari robot, pengumpulan data besar-besaran hingga alat cetak tiga dimensi. Menteri Pertahanan Chuck Hagel berbicara tentang program itu dalam acara Forum Pertahanan Nasional Reagan, dimana ia juga mengingatkan keunggulan teknologi Pentagon kian terkikis.

Hagel mengatakan pengelolaan anggaran penting untuk diubah. Ia meminta Kongres agar memberi militer Amerika anggaran yang pasti daripada anggaran-anggaran sementara. Ia mengingatkan pengurangan anggaran federal secara otomatis bisa memangkas anggaran militer hingga satu triliun dollar dalam 10 tahun mendatang.

Hagel juga mengingatkan kemungkinan adanya defisit anggaran sebesar lebih dari 70 miliar dollar dalam lima tahun ke depan jika Kongres terus menentang usaha penghematan Pentagon, termasuk memensiunkan pesawat-pesawat tua dan menutup sejumlah pangkalan.

"Saat ini, Departemen Pertahanan memiliki kelebihan kapasitas 24 persen di banyak pangkalan dan fasilitas kita yang menghabiskan miliaran dollar setiap tahun. Dana itu seharusnya bisa digunakan untuk mempertahankan keunggulan militer kita," kata Hagel.

Tetapi Anthony Cordesman, analis pertahanan pada CSIS, mengatakan Departemen Pertahanan Amerika seharusnya menyalahkan diri sendiri. Ia mengatakan Pentagon beroperasi secara tidak efisien dan tidak segan-segan menghabiskan dana besar.

"Tidak ada rencana yang jelas. Tidak ada rencana masa depan yang jelas. Kongres memang sering memaksakan pengurangan anggaran, tetapi Dephan pada saat yang sama juga harus bertanggungjawab dan itu belum mereka lakukan," ujar Cordesman

Sebagai bagian dari rencana yang baru itu, Menteri Hagel telah membentuk panel untuk mengajukan ide-ide segar bagi Pentagon dalam menyusun dan membiayai operasinya agar bisa menghadapi tantangan dan kompetisi.

XS
SM
MD
LG