Tautan-tautan Akses

Menteri Pertahanan AS Kunjungi Pasukan di Luar Negeri


Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Carter (Foto: dok).

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Carter tiba di Afghanistan, Jumat (9/12) untuk kunjungan menjelang hari raya untuk mengucapkan terima kasih kepada pasukan Amerika atas pengabdian mereka kepada bangsa.

Carter dijadwalkan menerima keterangan terbaru mengenai upaya NATO dan AS untuk mendukung pasukan keamanan Afghanistan dan bertemu dengan para pejabat senior Afghanistan, termasuk Presiden Ashraf Ghani.

Selain beramah-tamah dengan pasukan Amerika Serikat yang dikerahkan ke Afghanistan, dalam pertemuan dengan Jenderal John Nicholson, komandan misi NATO Resolute Support, dan pejabat senior lainnya, Carter mendengarkan penilaian mereka tentang situasi keamanan dan upaya internasional untuk membantu pemerintah Afghanistan meningkatkan keamanan di negara itu.

Carter juga menerima informasi mengenai kesuksesan Amerika dalam upaya kontra-terorisme baru-baru ini terhadap al-Qaida dan ISIS di negara itu.

Dalam pertemuan dengan para pejabat senior Afghanistan, Carter diduga membahas meningkatnya kemampuan dan ketahanan yang ditunjukkan oleh pasukan keamanan Afghanistan dalam beberapa bulan terakhir. Dia juga akan membahas upaya-upaya untuk terus membangun kapasitas tempur Afghanistan termasuk aviasi.

Carter dalam perjalanan keliling dunia untuk berterima kasih kepada tentara AS yang dikerahkan ke luar negeri, bertemu dengan mitra regional yang penting, dan memajukan prioritas AS, termasuk penyeimbangan kembali kekuatan ke Asia-Pasifik dan upaya membasmi ISIS.

Dalam perjalanan ini, Carter sudah ke Jepang dan India. Carter juga dijadwalkan akan mengunjungi Bahrain, Israel, Italia dan Inggris. [as/uh]

XS
SM
MD
LG