Tautan-tautan Akses

Menteri Pertahanan AS di Irak, Bahas Pertempuran dengan ISIS


Menhan AS Chuck Hagel disambut tentara AS setibanya di Camp Buehring, Kuwait (8/12).

Menhan AS Chuck Hagel disambut tentara AS setibanya di Camp Buehring, Kuwait (8/12).

Koalisi pimpinan AS telah melancarkan lebih dari 600 serangan udara di Irak sejak awal Agustus untuk mencoba membantu pasukan Irak. 500 serangan lagi telah menarget ISIS di negara tetangga Suriah.

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel berada di Irak untuk bertemu dengan PM Haider al-Abadi dan para panglima Amerika, empat bulan setelah AS melancarkan kampanye serangan udara melawan kelompok militan ISIS.

Setelah tiba dalam sebuah kunjungan yang tidak diumumkan, hari Selasa (9/12), di Baghdad, Hagel mengatakan, pasukan Iraq memperoleh "momentum baru" dalam usaha mereka mengklaim kembali wilayah yang telah direbut ISIS di Irak utara dan barat awal tahun ini.

Koalisi pimpinan AS itu telah melancarkan lebih dari 600 serangan udara di Irak sejak awal Agustus untuk mencoba membantu pasukan Irak. 500 serangan lagi telah menarget ISIS di negara tetangga Suriah.

Presiden AS Barack Obama setuju mengirim sebanyak 3.100 tentara ke Irak untuk memberikan pelatihan dan konsultasi. Panglima koalisi pimpinan AS, Letnan Jenderal James Terry, mengutarakan, hari Senin (8/12), mitra-mitra koalisi juga telah menjanjikan pengiriman 1.500 penasihat militer.

Terry menandaskan, kini ISIS dalam kondisi bertahan dan berusaha mempertahankan wilayah-wilayah Iraq yang telah dikuasainya. Tetapi, kelompok militan itu masih mampu melancarkan berbagai serangan.

XS
SM
MD
LG