Tautan-tautan Akses

AS

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter Kunjungi Kapal Induk AS di Laut China Selatan


PM Malaysia Najib Razak (tengah) diapit oleh Menhan AS Ash Carter (kanan) dan Menhan Malaysia Hishamuddin Hussein di Kuala Lumpur, Malaysia (4/11).

PM Malaysia Najib Razak (tengah) diapit oleh Menhan AS Ash Carter (kanan) dan Menhan Malaysia Hishamuddin Hussein di Kuala Lumpur, Malaysia (4/11).

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter mengunjungi kapal induk AS di Laut China Selatan, Kamis (5/11), sementara ketegangan bertambah dengan China terkait ekspansi maritim Beijing di wilayah tersebut.

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter melakukan perjalanan itu dengan mitranya dari Malaysia, Hishammuddin Hussein.

Keduanya naik kapal induk AS USS Theodore Roosevelt dan berlayar ke Laut Cina Selatan di lepas pantai Malaysia.

Dalam mengumumkan kunjungannya pada hari Rabu (4/11), Carter mengatakan aksi itu adalah "simbol dari komitmen kami" untuk kawasan dan untuk lebih memfokuskan perhatian AS pada negara-negara Asia-Pasifik setelah bertahun-tahun berfokus pada Timur Tengah.

Carter dan Hussein mengamati operasi jet tempur kapal induk itu dan diberi pengarahan oleh petugas Angkatan Laut mengenai manuver baru-baru ini.

Pelayaran singkat yang dilakukan Carter dan Hussein berlangsung hanya beberapa hari setelah sebuah kapal perang Amerika berlayar dalam jarak 22 kilometer dari Terumbu Subi di Kepulauan Spratly.

Beijing tahun lalu memulai proyek besar-besaran untuk mengubah terumbu yang terendam air itu menjadi pulau yang dapat menyokong landasan pacu dan berbagai fasilitas lain, mengabaikan klaim wilayah itu oleh Filipina, Vietnam, Taiwan dan beberapa negara Asia lain.

Pemerintahan Presiden Barack Obama mengatakan perjalanan kapal perang itu adalah langkah rutin guna melindungi kebebasan berlayar di laut. [as]

XS
SM
MD
LG