Tautan-tautan Akses

Menteri Pertahanan Amerika Mulai Lawatan ke Asia


Menteri Pertahanan AS Leon Panetta, akan berkunjung ke Indonesia, Jepang dan Korea Selatan.

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta, akan berkunjung ke Indonesia, Jepang dan Korea Selatan.

Leon Panetta akan melawat ke Indonesia, kemudian Jepang dan Korea Selatan, di mana berbagai pangkalan menjadi inti kehadiran militer AS.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta memulai lawatan ke Asia, untuk memperkuat hubungan dengan sekutu-sekutu Amerika.

Pertama, Panetta akan ke Indonesia, kemudian Jepang dan Korea Selatan, di mana berbagai pangkalan menjadi inti kehadiran militer Amerika di Asia Tenggara.

Menteri pertahanan Amerika itu akan bertemu para pemimpin dan pejabat pemerintah. Beberapa negara di kawasan ini telah prihatin mengenai perluasan militer Tiongkok dan terlibat dalam perselisihan dengan Tiongkok.

Lawatan Panetta, yang pertama ke Asia sebagai menteri pertahanan, bertepatan dengan putaran kedua pembicaraan langsung yang langka antara Amerika dan Korea Utara tentang program nuklir Korea Utara. Amerika dan pejabat-pejabat Korea Utara berencana bertemu hari Senin dan Selasa di Jenewa.

Pertemuan itu akan menentukan apakah kondisinya siap untuk dimulainya kembali perundingan enam negara mengenai perlucutan senjata nuklir Korea Utara. Korea Utara keluar dari pembicaraan itu tahun 2009.

XS
SM
MD
LG