Tautan-tautan Akses

Menteri Perhubungan Belgia Mengundurkan Diri


Menteri Perhubungan Belgia Jacqueline Galan di Brussels (15/4).

Menteri Perhubungan Belgia Jacqueline Galan di Brussels (15/4).

Menteri Perhubungan Belgia Jacqueline Galant mengundurkan diri, Jumat  (15/4) setelah dituduh mengabaikan laporan Uni Eropa yang pedas mengenai masalah keamanan di bandara negara itu.

Galant mendapat kritik tajam setelah sebuah laporan rahasia Uni Eropa mengenai kondisi keamanan yang menyedihkan di bandara Belgia itu bocor ke media menyusul pemboman 22 Maret yang menewaskan 32 orang, termasuk 16 di bandara nasional dan kereta bawah tanah. Militan Negara Islam telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Galant membantah bahwa dia pernah diberitahu mengenai laporan yang mengatakan pengawasan langkah-langkah keamanan di bandara negara itu lemah dan mencatat kekurangan yang serius dalam pengelolaan pemeriksaan keselamatan. Tapi seorang pejabat tinggi mengatakan dia telah memberitahu menteri transportasi dan kantornya mengenai laporan tersebut.

Perdana Menteri Charles Michel mengatakan setelah diskusi dengan Galant "menteri itu mengajukan pengunduran dirinya kepada Raja dan Raja menerimanya." [as/uh]

XS
SM
MD
LG