Tautan-tautan Akses

Menteri Perdagangan Amerika Serukan Sanksi Perburuan Paus


Kapal pemburu paus Jepang, Nisshin Maru (foto: dok.)

Kapal pemburu paus Jepang, Nisshin Maru (foto: dok.)

Perjanjian tahun 1986 menangguhkan perburuan paus komersial, tetapi Jepang, Norwegia dan Islandia masih terus berburu paus.

Menteri Perdagangan Amerika Gary Locke mendesak Presiden Barack Obama agar menjatuhkan sanksi terhadap Islandia, menuduh negara itu mengabaikan larangan global perburuan paus.

Dalam suratnya kepada presiden hari Rabu, Locke mengatakan panen dan ekspor daging sirip paus oleh Islandia meremehkan usaha seluruh dunia untuk melindungi mamalia yang terancam punah itu. Menurutnya, penting agar pemerintah Islandia mengambil tindakan segera untuk mematuhi moratorium itu.

Menteri perdagangan merekomendasikan Presiden Obama menjatuhkan sanksi diplomatik terhadap Islandia, termasuk membatalkan kunjungan tingkat tinggi dan mengkaji ulang kerjasama pada proyek-proyek Arktik.

Perjanjian tahun 1986 menangguhkan perburuan paus komersial. Tetapi Jepang, Norwegia dan Islandia terus berburu paus meskipun ada moratorium itu.

Menteri Perikanan Islandia mengatakan terkejut atas seruan Locke untuk memberlakukan sanksi. Menurutnya, penangkapan paus oleh Islandia memiliki dasar ilmiah yang kuat dan berkelanjutan. Ia juga menilai perdagangan produk-produk paus Islandia sah berdasarkan kesepakatan internasional.

XS
SM
MD
LG