Tautan-tautan Akses

Menteri Pemerintah Uganda Grebek Pertemuan Kaum Gay


Parlemen Uganda akan membahas rancangan undang-undang anti-homoseks yang kontroversial (foto: dok).

Parlemen Uganda akan membahas rancangan undang-undang anti-homoseks yang kontroversial (foto: dok).

Menteri Etika dan Integritas Uganda, Simon Lokodo, membubarkan pertemuan itu yang sedang diadakan di sebuah hotel di Entebbe hari Selasa.

Organisasi hak azasi internasional mengatakan seorang menteri pemerintah Uganda menggrebek lokakarya hak-hak kaum homoseks, hanya beberapa hari setelah rancangan undang-undang anti-homoseks yang kontroversial diajukan kembali ke parlemen.

Amnesty International mengatakan Menteri Etika dan Integritas Uganda, Simon Lokodo, membubarkan pertemuan itu yang sedang diadakan di sebuah hotel di Entebbe hari Selasa.

Organisasi itu mengatakan Lokodo, dengan disertai polisi, mengumumkan pertemuan itu ilegal dan memperingatkan ia akan menggunakan kekuatan kalau mereka tidak segera keluar.

Amnesty menyebut insiden itu “usaha yang keterlaluan untuk menghambat kegiatan yang syah dan damai pembela hak azasi manusia di Uganda.

Lokodo mengatakan kepada kantor berita Perancis bahwa ia membubarkan pertemuan itu dalam kapasitasnya sebagai “hati-nurani bangsa.” Ia mengatakan ia mengirim pesan yang jelas bahwa Uganda tidak menggalakkan, mendorong atau menyambut baik bentuk perhimpunan itu.

Homoseksualitas sekarang ini dilarang di Uganda. Tetapi, rancangan undang-undang baru yang kontroversial yang diajukan kembali ke parlemen pekan lalu hendak memperberat hukuman bagi kaum homoseks.

XS
SM
MD
LG