Tautan-tautan Akses

Menlu AS Berupaya Redamkan Ketegangan di Asia Pasifik


Kapal milik China di Laut China Selatan (foto: dok).

Kapal milik China di Laut China Selatan (foto: dok).

Amerika Serikat khawatir meningkatnya ketegangan akibat sengketa mengenai Laut China Selatan dapat mengganggu lalu lintas pelayaran internasional dan menjurus menjadi konflik.

Menteri luar negeri Amerika, John Kerry berada di Myanmar melakukan pembicaraan dengan para menteri luar negeri ASEAN tentang ketegangan di Laut Cina Selatan dan berbagai isu multilateral. Para menteri luar negeri ASEAN sedang mengadakan konperensi tahunan mengenai keamanan di ibukota Myanmar, Naypyidaw.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan Kerry akan mendesak China dan negara lain agar dengan sukarela mengambil langkah meredakan sengketa yang kian memanas, sementara terus merundingkan pakta prilaku yang mengikat atas semua kegiatan di sekitar kawasan yang disengketakan.

Amerika telah mengajukan usul agar semua pihak menghentikan tindakan provokatif di kawasan yang disengketakan. Namun, negara-negara anggota ASEAN mengatakan belum membahas usul tersebut sebab tahun 2002 mereka menandatangani kesepakatan dengan China untuk "mengekang diri."

Amerika dan lainnya khawatir meningkatnya ketegangan dapat mengganggu lalu lintas pelayaran internasional dan menjurus menjadi konflik. Amerika sudah sejak lama menandaskan, memelihara ketenangan di Laut China Selatan adalah kepentingan nasional Amerika meskipun menjengkelkan China.

Para delegasi mengatakan adalah berpulang pada ASEAN untuk berunding langsung dengan China mengenai kedaulatan di Laut China Selatan.

XS
SM
MD
LG