Tautan-tautan Akses

Menteri Kesehatan Baru Sri Lanka Berjanji Bantu Pasien Ginjal


Peta wilayah Sri Lanka.

Peta wilayah Sri Lanka.

Diperkirakan antara 70 hingga 400 ribu orang terkena penyakit ginjal, tetapi Sri Lanka hanya memiliki lebih sedikit dari 200 mesin pencuci darah.

Menteri Kesehatan Sri Lankayang baru, Dr. Rajitha Senarathna, mengatakan, penyakit ginjal misterius yang telah melanda para petani di sebagian negeri itu selama dua dasawarsa, akan diberi prioritas utama di bawah administrasi yang baru.

Diperkirakan antara 70 hingga 400 ribu orang terkena penyakit tersebut, tetapi Sri Lanka memiliki lebih sedikit dari 200 mesin pencuci darah. Dr. Senarathna menambahkan, dia akan meningkatkan fasilitas ini bagi pasien ginjal dengan menyumbangkan lebih dari $750 ribu dalam bentuk dana swasta.

Menurutnya, pemerintah juga berencana meluncurkan program lain untuk memberi makan siang dan vitamin gratis kepada pelajar di daerah yang dilanda penyakit itu guna membantu meningkatkan gizi dan kesehatan mereka secara menyeluruh.

Penyakit ginjal yang kronis tu telah membunuh hingga 20 ribu orang. Penyebabnya masih belum diketahui, meskipun telah dilakukan penelitian selama bertahun-tahun.

XS
SM
MD
LG