Tautan-tautan Akses

Menteri Kehakiman Mesir Kembalikan Surat Dubes AS


Sam Lahood, mendampingi ayahnya, Ray LaHood dalam pengambilan sumpah sebagai Menteri Perhubungan Amerika (Foto: dok).

Sam Lahood, mendampingi ayahnya, Ray LaHood dalam pengambilan sumpah sebagai Menteri Perhubungan Amerika (Foto: dok).

Menteri Kehakiman Mesir mengembalikan sepucuk surat hari Selasa dari dutabesar Amerika yang memintanya agar mencabut pencekalan terhadap warga Amerika yang bekerja dengan organisasi-organisasi pro-demokrasi di negara itu.

Menteri Kehakiman Adel Abdel-Hamid mengatakan surat itu seharusnya dikirim ke para hakim yang menyelidiki organisasi-organisasi tersebut, bukan kepadanya. Ia juga mengatakan surat itu sebaiknya tidak datang dari dutabesar Anne Patterson melainkan dari orang-orang yang dicekal.

Ketua parlemen Mesir Mohamed Saad al-Katatni menyebut surat itu campur-tangan yang tidak dapat diterima dari dutabesar Amerika.

Di Washington, jurubicara Departemen Luar negeri Amerika Mark Toner mengatakan pencekalan itu tidak adil dan terlalu berat dan hendaknya dicabut segera.

Mesir telah mencekal sejumlah orang asing, termasuk enam warga Amerika. Orang-orang yang dicekal termasuk Sam LaHood, putra Menteri Perhubungan Amerika Ray LaHood.

Pihak berwenang Mesir mengatakan mereka tidak boleh keluar dari Mesir sementara pejabat menyelidiki tuduhan kegiatan pidana oleh LSM yang bekerja membantu penyelenggaraan pemilu Mesir.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan LSM-LSM itu sama sekali tidak-partisan dan tidak membantu atau menyumbang uang kepada calon siapapun.

XS
SM
MD
LG