Tautan-tautan Akses

AS

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Tinjau Kerusakan Akibat Banjir Louisiana


Megan Schexnayder dan David McNeely duduk di teras rumah mereka di Sorrento, Lousiana yang dikepung banjir (17/8). (Reuters/Edmund D. Fountain)

Megan Schexnayder dan David McNeely duduk di teras rumah mereka di Sorrento, Lousiana yang dikepung banjir (17/8). (Reuters/Edmund D. Fountain)

Hari Senin, Obama menandatangani dekrit yang menyatakan Lousiana sebagai kawasan bencana alam dan memberi bantuan federal untuk kawasan itu.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Jeh Johnson meninjau upaya pemulihan di negara bagian Louisiana hari Kamis (18/8), di mana banjir dengan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya menewaskan sedikitnya 13 orang dan membuat ribuan orang mengungsi.

Banjir di sekitar Baton Rouge itu terjadi akibat curah hujan yang sangat tinggi, lebih dari 75 sentimeter mulai minggu lalu. Sekitar 40 ribu rumah rusak.

Setelah meninjau daerah-daerah yang dilanda banjir, Johnson mengatakan pemerintah federal “akan membantu sepanjang yang diperlukan masyarakat untuk pulih kembali” dan diperkirakan akan memberi penjelasan pada Presiden Barack Obama yang sedang berlibur di New England.

Hari Senin, Obama menandatangani dekrit yang menyatakan Lousiana sebagai kawasan bencana alam dan memberi bantuan federal untuk kawasan itu. Gubernur John Bel Edwards hari Kamis mengatakan lebih dari 85 ribu orang telah mengajukan permintaan bantuan federal dalam beberapa hari terakhir.

“Di Lousiana kami sedang beralih darip enanggulangan ke pemulihan,” kata Edwards dalam konferensi pers. [my/al]

XS
SM
MD
LG