Tautan-tautan Akses

Menteri Dalam Negeri Rumania Mundur setelah Aksi Protes oleh Polisi


Menteri Dalam Negeri Romania Vasile Blaga baru saja mengumumkan pengunduran dirinya.

Menteri Dalam Negeri Romania Vasile Blaga baru saja mengumumkan pengunduran dirinya.

Vasile Blaga mengundurkan diri, hanya sehari setelah ribuan polisi menentang rencana gaji pemerintah dan pemotongan pensiun.

Menteri Dalam Negeri Rumania telah mengundurkan diri, hanya sehari setelah ribuan polisi menentang rencana gaji pemerintah dan pemotongan pensiun.

Dalam mengumumkan kepergiannya, Vasile Blaga pada hari Senin mengatakan bahwa polisi melanggar hukum pekan lalu saat mereka berdemonstrasi di Bukares menentang rencana untuk pemotongan gaji sebesar 25 persen. Katanya, protes tersebut merongrong otoritas negara dan ia menyebut pengunduran dirinya adalah soal kehormatan.

Presiden Traian Basescu pada hari Minggu bereaksi terhadap unjuk rasa itu dengan mencabut polisi dari tim keamanannya. Perdana Menteri Emile Boc juga mengikuti langkah tersebut.

Protes itu mencerminkan memuncaknya ketidakpuasan terhadap kebijakan keras pemerintah. Pihak oposisi telah berjanji akan berusaha dan menggulingkan pemerintah dalam pemungutan suara mosi tidak percaya Oktober nanti.

Basescu pada bulan Juni mengambil tindakan untuk memangkas gaji pegawai negeri sampai 25 persen dan pensiun sampai 15 persen untuk memenuhi persyaratan dana talangan yang ditetapkan Dana Moneter Internasional.

XS
SM
MD
LG