Tautan-tautan Akses

Menteri Afsel Terpilih Jadi Pemimpin Uni Afrika


Mendagri Affrika Selatan, Nkosazana Dlamini-Zuma, terpilih sebagai pemimpin baru Uni Afrika, menggantikan Jean Ping (15/7).

Mendagri Affrika Selatan, Nkosazana Dlamini-Zuma, terpilih sebagai pemimpin baru Uni Afrika, menggantikan Jean Ping (15/7).

Nkosazana Dlamini-Zuma, perempuan pertama dan warga Afrika Selatan pertama memegang jabatan sebagai pemimpin baru Uni Afrika.

Para pemimpin Afrika telah memilih Menteri Dalam Negeri Afrika Selatan Nkosazana Dlamini-Zuma sebagai pemimpin baru Uni Afrika, perempuan pertama dan warga Afrika Selatan pertama memegang jabatan itu.

Diamini-Zuma mengalahkan pemimpin sekarang Jean Ping dalam pertemuan puncak Uni Afrika hari Minggu di Addis Ababa, Ehtiopia, setelah empat babak pemungutan suara. Nkosazana Dlamini-Zuma adalah mantan isteri Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma.

Jabatan tertinggi Uni Afrika itu biasanya diperoleh seorang pejabat dari salah satu negara-negara kecil Afrika. Diamini-Zuma mengatakan dia yakin tidak ada hubungannya antara negaranya Afrika Selatan yang kuat itu dan keinginannya untuk mengabdi kepada Uni Afrika.

Uni Afrika sedang menangani beberapa krisis kawasan itu. Mereka sedang mempertimbangkan untuk mengirim pasukan untuk memerangi pemberontak bersenjata di Republik Demokrasi Kongo. Uni Afrika juga mendukung rencana negara-negara Afrika Barat untuk memerangi militan Islamis di Mali Utara.
XS
SM
MD
LG