Tautan-tautan Akses

Menlu Australia Serukan Penyelidikan Internasional Atas Tragedi MH17


PM Australia Tony Abbott (Foto: dok).

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, menegaskan bahwa semua bukti menunjukkan pesawat itu ditembak jatuh dengan misil dari daerah yang dikuasai separatis yang didukung Rusia .

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, Sabtu (19/7) menyerukan agar dilakukan penyelidikan internasional dan independen atas penembakan jatuh pesawat jet penumpang Malaysia Airlines MH-17 di Ukraina dan meminta kerjasama penuh dari Rusia.

Abbott mengulangi penegasannya bahwa semua bukti menunjukkan pesawat itu ditembak jatuh dengan misil dari daerah yang dikuasai separatis yang didukung Rusia menggunakan senjata yang tampaknya diberikan Rusia. Musibah hari Kamis itu menewaskan semua yang berada dalam pesawat naas tersebut, termasuk 28 warga Australia.

"Australia memandang sangat rendah negara-negara yang membantu membunuh warga Australia. Pandangan bahwa Rusia bisa lepas tangan dari tanggungjawab karena ini terjadi di wilayah udara Ukraina, tidak bisa luput dari penyelidikan yang serius. Semua tahu apa yang terjadi di Ukraina," kata Abbot.

PM Australia tersebut juga mengingatkan bahwa siapa pun yang mencoba menutup akses atau mengutak-atik lokasi jatuhnya pesawat ‘bukanlah sahabat keadilan’ dan ‘bukan sahabat perdamaian’.

XS
SM
MD
LG