Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Hillary Clinton Tiba di India


Menlu AS Hillary Rodham Clinton tiba di Kolkata, India (6/5).

Menlu AS Hillary Rodham Clinton tiba di Kolkata, India (6/5).

Menteri Clinton tiba di Kolkata hari Minggu (6/5) setelah berkunjung ke Bangladesh dan Tiongkok.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton dijadwalkan akan menuju New Delhi, Senin (7/5) untuk bertemu dengan para pejabat tinggi pemerintah dan mendesak India agar mengurangi impor minyaknya dari Iran yang dikenai sanksi.

India telah mengurangi ketergantungannya pada minyak Iran, tetapi negara di Asia Selatan itu memerlukan energi yang sangat besar karena pertumbuhannya yang pesat. India mengecam keras undang-undang Amerika yang mengenakan sanksi terhadap bank-bank dari negara-negara yang membeli minyak dari Iran. Amerika Serikat dan negara-negara Barat menghukum Iran karena ambisi nuklirnya.

Kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Clinton ke India bertepatan dengan kunjungan sejumlah besar delegasi perdagangan Iran.

Di Bangladesh hari Minggu, Menteri Clinton mengatakan kepada hadirin dalam acara tanya jawab umum di Dhaka bahwa dia mendukung kinerja Bank Grameen dan pendirinya, penerima Hadiah Nobel Muhammad Yunus.

Menteri Clinton mengadakan pertemuan pribadi dengan Muhammad Yunus, yang disingkirkan dari jabatan direktur pelaksana perintis kredit mikro, Bank Grameen karena perselisihan mengenai usia pensiun. Muhammad Yunus berusia 71 tahun.
XS
SM
MD
LG