Tautan-tautan Akses

Turki Bantu Pejuang Kurdi Masuki Suriah


Menlu Turki Mevlut Cavusoglu (Foto: dok).

Menlu Turki Mevlut Cavusoglu (Foto: dok).

Turki mengatakan negara itu membantu para pejuang Kurdi Irak memasuki Suriah untuk membantu para pejuang Kurdi di kota Kobani yang sedang menghalau kelompok militan ISIS.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu tidak memberikan rincian ketika memberitahu wartawan mengenai bantuan terhadap para pejuang Kurdi Irak.

Langkah Turki itu dilakukan sehari setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan negaranya tidak akan mempersenjatai para pejuang Kurdi, dan menyebut mereka sama dengan Partai Pekerja Kurdistan yang dianggap Turki dan Amerika sebagai kelompok teroris.

Langkah itu juga dilakukan menyusul usaha pesawat-pesawat kargo Amerika menghantar senjata, amunisi dan bahan-bahan medis dari pihak berwenang Kurdi di Irak ke para pejuang Kurdi di Kobani, yang terletak tepat di seberang perbatasan Turki.

Para pejabat tinggi memberitahu wartawan bahwa Presiden Amerika Barack Obama memberitahu Erdogan dalam pembicaraan hari Sabtu bahwa militer Amerika akan melakukan pengiriman bahan bantuan dengan cara menjatuhkannya lewat helikopter.

XS
SM
MD
LG