Tautan-tautan Akses

Menlu Turki Diangkat sebagai PM Gantikan Erdogan


Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu (kiri) diangkat sebagai PM baru Turki menggantikan Recep Erdogan (kanan), yang akan segera menduduki jabatan Presiden (21/8).

Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu (kiri) diangkat sebagai PM baru Turki menggantikan Recep Erdogan (kanan), yang akan segera menduduki jabatan Presiden (21/8).

Partai AK yang berkuasa di Turki Kamis (21/8) telah memilih Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu sebagai Perdana Menteri berikutnya.

Komisi Pusat Partai mengumumkan pilihannya itu hari Kamis, memenuhi harapan luas bahwa Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu, adalah pilihan pertama Presiden terpilih Turki Recep Tayyip Erdogan, akan memperoleh kedudukan itu.

Tayyip Erdogan telah menjadi Perdana Menteri selama sembilan tahun ini dan dijadwalkan dilantik menjadi Presiden Turki tanggal 28 Agustus.

Davutoglu yang berusia 55 tahun itu dipandang sebagai sekutu dekat Tayyip Erdogan. Sebelum menjadi menteri luar negeri, ia menjabat sebagai penasihat kebijakan luar negeri Tayyip Erdogan. Dia seorang akademisi dan fasih dalam beberapa bahasa.

Setelah pengumuman itu , Davutoglu bersumpah bahwa perjuangan partainya untuk kebenaran dan demokrasi tidak akan dibatasi oleh tahun dan abad.

Tayyip Erdogan telah menyatakan bahwa sebagai presiden dia akan memainkan lebih banyak peran politik secara aktif dibanding dengan para pendahulunya.

Para analis mengatakan hubungannya yang erat dengan Davutoglu akan memungkinkannya memegang kekuasaan lebih besar daripada yang biasanya dimiliki jabatan kepresidenan yang umumnya bersifat jabatan seremonial.

XS
SM
MD
LG