Tautan-tautan Akses

Menlu Tunisia Mundur dari Pemerintahan Sementara


Menteri Luar Negeri Tunisia, Kamel Morjane mengundurkan diri, Kamis 27 Januari 2011.

Menteri Luar Negeri Tunisia, Kamel Morjane mengundurkan diri, Kamis 27 Januari 2011.

Menteri Luar Negeri Kamel Morjane hari Kamis memutuskan mengundurkan diri dari pemerintahan sementara Tunisia.

Kantor berita pemerintah Tunisia menyatakan Menteri Luar Negeri Kamel Morjane hari Kamis mengundurkan diri dari pemerintahan sementara negara itu setelah demonstrasi berhari-hari yang menyerukan disingkirkannya para pejabat yang terkait dengan pemerintahan presiden terguling.

Morjane termasuk di antara menteri-menteri Kabinet mantan Presiden Zine El Abidine Ben Ali yang diumumkan Perdana Menteri Mohamed Ghannouchi akan mempertahankan jabatan mereka dalam pemerintah koalisi yang baru.

Menteri-menteri penting itu – termasuk perdana menteri dan menteri-menteri pertahanan, dalam negeri, luar negeri dan keuangan – kemudian mengundurkan diri dari partai berkuasa dalam upaya menghentikan protes menentang pengaruh partai itu dalam politik Tunisia.

Para demonstran berkumpul di luar kantor perdana menteri itu hari Kamis, selagi pemerintah sementara tersebut diperkirakan akan mengumumkan perombakan Kabinet yang tampaknya akan menyingkirkan menteri-menteri yang setia kepada Ben Ali.

Kantor berita Reuters melaporkan para demonstran di Tunis menerobos barikade polisi di tempat itu sementara mereka terus mendesak pengunduran diri beberapa menteri lainnya.

XS
SM
MD
LG