Tautan-tautan Akses

Menlu Thailand akan Bawa Sengketa Perbatasan dengan Kamboja ke PBB


Penduduk Thailand mengungsi dari daerah perbatasan di Kantharalak, Thailand, Senin (2/7).

Penduduk Thailand mengungsi dari daerah perbatasan di Kantharalak, Thailand, Senin (2/7).

PBB juga kemungkinan akan meminta keterangan mengenai sengketa Kamboja dan Thailand dari Menlu Kamboja Hor Namhong dan Ketua ASEAN Marty Natalegawa.

Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Pimonya akan berangkat ke New York, Senin depan, untuk memberi penjelasan kepada Dewan Keamanan PBB mengenai pertempuran baru-baru ini antara pasukan Thailand dan Kamboja.

Para pejabat Thailand mengatakan hari ini mereka yakin PBB juga akan mendengar dari Menteri Luar Negeri Kamboja Hor Namhong dan penengah konflik, Ketua ASEAN dan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa. Mereka mengatakan pertemuan tatap muka antara menteri-menteri Thailand dan Kamboja mungkin akan berlangsung.

Delapan orang telah tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam empat hari bentrokan mengenai wilayah yang disengketakan di sekitar Preah Vihear, kuil Hindu Khmer berusia 900 tahun di perbatasan kedua negara. Tidak ada pertempuran yang berlangsung sejak Senin pagi, tetapi pasukan tetap bersiaga pada hari Rabu di kedua sisi perbatasan.

Kamboja menuduh bahwa artileri Thailand meruntuhkan satu bagian kuil Preah, yang telah dinyatakan oleh PBB sebagai salah situ Situs Warisan Dunia. Tetapi, sejumlah wartawan yang berkunjung pada hari Selasa mengatakan kerusakan pada kuil hanya sedikit tampak, berupa lubang-lubang kecil akibat hantaman peluru.

XS
SM
MD
LG