Tautan-tautan Akses

Menlu Somalia: Aliansi Al-Shabab dan al-Qaida Bukan Berita Baru


Menlu Somalia: para pemimpin militan al-Shabab adalah wakil yang diupah oleh al-Qaida.

Menlu Somalia: para pemimpin militan al-Shabab adalah wakil yang diupah oleh al-Qaida.

Pemerintah sementara Somalia menyatakan tidak terkejut bahwa kelompok militan al-Shabab secara resmi menggabungkan kekuatan dengan al-Qaida.

Pemerintah Somalia mengatakan berita tentang aliansi al-Shabab dengan al-Qaida seharusnya memicu upaya yang lebih besar untuk mengalahkan kelompok militan Somalia tersebut.

Menteri Penerangan Abdulkadir Hussein Mohamed hari Jumat menegaskan pemerintah sudah "lama" tahu mengenai dukungan al-Qaida bagi al-Shabab. Ia mengatakan kini kedua kelompok itu membentuk aliansi resmi, masyarakat internasional seharusnya bergabung dengan pemerintah dalam menggempur al-Shabab dan Al-Qaeda "tanpa syarat."

Dia menegaskan bahwa para pemimpin al-Shabab adalah wakil yang diupah al-Qaeda, dan bahwa al-Shabab tidak bisa lagi, dalam kata-katanya, "menyamar sebagai organisasi Islam pribumi Somalia".

Pemimpin Al-Qaida Ayman al-Zawahiri mengumumkan aliansi itu dalam pesan video yang dipasang dalam situs jihad hari Kamis.

Ken Menkhaus adalah profesor ilmu politik di Davidson College, negarabagian North Carolina. Kepada VOA Somali Service, ia mengatakan, pengumuman itu untuk membangun basis ke dua kelompok.

Al-Shabab telah berperang melawan pemerintah Somalia selama lima tahun ini guna mengambil alih negara itu dan menerapkan hukum Islam yang ketat.

XS
SM
MD
LG