Tautan-tautan Akses

Menlu Rusia Kecam Proposal Larangan Adopsi Anak-anak Rusia Untuk Warga AS


Menlu Rusia Sergey Lavrov mengecam keras proposal di parlemen negara itu yang akan melarang warga Amerika untuk mengadopsi anak Rusia, Selasa 17 Desember 2012 (Foto: dok).

Menlu Rusia Sergey Lavrov mengecam keras proposal di parlemen negara itu yang akan melarang warga Amerika untuk mengadopsi anak Rusia, Selasa 17 Desember 2012 (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Rusia mengecam keras proposal di parlemen negara itu yang akan melarang orang Amerika mengadopsi anak-anak Rusia, Selasa (19/12).

Kecaman Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov serta kritikan dari sejumlah menteri Rusia lain, tampaknya merupakan indikasi adanya tekanan dari kalangan tertinggi bagi Duma Negara untuk menolak usulan larangan bagi warga AS untuk mengadopsi anak-anak Rusia atau menghapusnya dari pembahasan majelis rendah itu.

Anggota parlemen Rusia tengah mempertimbangkan peraturan baru yang kontroversial yang akan melarang orang Amerika mengadopsi anak-anak Rusia.

Anggota majelis rendah parlemen Rusia, atau Duma menjadwalkan pembahasan kedua RUU itu hari Rabu (19/12). RUU itu dipandang sebagai balasan atas UU Amerika, Magnitsky Act, yang disahkan baru-baru ini dan ditandatangani oleh Presiden Obama. UU tersebut mengenakan larangan visa dan sanksi-sanksi keuangan terhadap pejabat Rusia yang dituduh melanggar HAM.

RUU itu menggunakan nama Sergei Magnitsky seorang pengacara anti korupsi berusia 37 tahun yang tewas di penjara tahun 2009 setelah mengungkap apa yang disebutnya jaringan kejahatan pejabat yang mencuri 250 juta dolar uang pajak. UU itu dirancang untuk menarget para pejabat yang terlibat dalam penahanan, penyiksaan atau kematian Magnitsky.

RUU adopsi Rusia itu diberi nama Dima Yakovlev, seorang anak laki-laki Rusia yang meninggal setelah bapak angkatnya warga Amerika menguncinya dalam sebuah mobil selama berjam-jam. Pengadilan Amerika kemudian membebaskan bapak angkat itu dari tuduhan pembunuhan.
XS
SM
MD
LG