Tautan-tautan Akses

Perancis: Uni Eropa Segera Longgarkan Sanksi atas Iran


Menlu Perancis Laurent Fabius (kanan) di Jenewa (24/11)

Menlu Perancis Laurent Fabius (kanan) di Jenewa (24/11)

Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius mengatakan Uni Eropa dapat melonggarkan beberapa sanksi terhadap Iran bulan depan, namun pelonggaran itu akan terbatas, terarah dan bisa dibatalkan.

Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius mengatakan pernyataan terkait pelonggaran sanksi terhadap Iran, Senin (25/11), satu hari setelah Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB serta Jerman menyetujui perjanjian yang mengharuskan Iran membatasi aktivitas pengayaan uraniumnya dan mengizinkan lebih banyak inspeksi sebagai imbalan pelonggaran sejumlah sanksi.

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengatakan, Minggu (24/11), pemerintahnya akan mulai menerapkan langkah-langkah yang mereka sepakati itu dalam beberapa pekan mendatang, dan mungkin sebelum akhir tahun ini, namun semua persyaratan itu tidak bisa dipenuhi dalam waktu satu hari.

Para diplomat, termasuk Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry, berharap akan adanya perundingan-perundingan yang menghasilkan kesepakatan menyeluruh mengenai program nuklir Iran, yang diinginkan semua pihak bisa diberlakukan dalam waktu satu tahun.

Naskah kesepakatan sementara yang dicapai hari Minggu mencakup bagian-bagian yang menegaskan sasaran-sasaran dari kesepakatan menyeluruh. Langkah-langkah itu mencakup mendefinisikan program pengayaan Uranium Iran dengan batasan-batasan praktis dan cara-cara yang membuat program nuklir Iran yang diklaim untuk tujuan damai lebih transparan. Kesepakatan itu juga mencakup pelonggaran semua sanksi yang ditetapkan PBB, negara-negara secara tersendiri, dan kelompok-kelompok negara tertentu.
XS
SM
MD
LG