Tautan-tautan Akses

Menlu AS, Menlu Iran Lanjutkan Perundingan Nuklir


Menu AS John Kerry tiba di bandara international Wina (20/11).
Menu AS John Kerry tiba di bandara international Wina (20/11).

Menteri Luar Negeri AS John Kerry melanjutkan perundingan nuklir tingkat tinggi di Wina, sementara tenggat waktu kian dekat untuk mencapai perjanjian komprehensif program atom Iran.

Kamis malam (20/11), Menlu AS John Kerry bertemu Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, di sela-sela perundingan, yang bertujuan memenuhi batas waktu hari Senin.

Kamis pagi, di Paris, John Kerry mengatakan, negara-negara besar dunia "bersatu" mengupayakan kesepakatan nuklir Iran, tetapi tidak menghendaki kesepakatan sekadarnya.

John Kerry juga mengatakan belum ada pembicaraan tentang perpanjangan batas waktu hari Senin. Iran dan kelompok negara besar dunia termasuk Amerika, Inggris, China, Prancis, Rusia dan Jerman berusaha dalam satu tahun ini untuk mencapai kesepakatan.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menghimbau semua pihak untuk menunjukkan perlunya "fleksibilitas, kebijaksanaan dan tekad" bagi keberhasilan pembicaraan. Ia berharap tercapai kesepakatan komprehensif yang dapat diterima semua pihak, yang akan memulihkan kepercayaan dalam program nuklir damai Iran.

XS
SM
MD
LG