Tautan-tautan Akses

AS

Menlu, Menhan AS Jamu Pejabat Rusia di Tengah Ketegangan Kedua Negara


Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kiri) dan Menteri Pertahanan Chuck Hagel (foto: dok).

Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kiri) dan Menteri Pertahanan Chuck Hagel (foto: dok).

Pembicaraan antar para pejabat tinggi AS dan Rusia akan mencakup diskusi tentang Suriah, Afghanistan, Iran dan traktat senjata START yang baru.

Departemen Luar Negeri Amerika mengumumkan Menteri Luar Negeri John Kerry dan Menteri Pertahanan Chuck Hagel akan bertemu menteri luar negeri dan menteri pertahanan Rusia di Washington.

Juru bicara Deplu Amerika mengatakan pembicaraan dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menhan Rusia Sergei Shoigu akan mencakup diskusi tentang Suriah, Afghanistan, Iran dan traktat senjata START yang baru.

Wakil Menlu Rusia Sergei Ryabkov mengatakan kepada harian The New York Times bahwa Kremlin mengharapkan pembicaraan yang sangat mendalam. Ia mengatakan ada sejumlah “pertanyaan tajam, kontroversial dan sulit” yang dihadapi kedua negara.

Amerika mengatakan pihaknya sedang mengkaji ulang rencana KTT bulan depan antara Presiden Barack Obama dan Presiden Vladimir Putin di Moskow.

Amerika berang karena Rusia memberikan suaka sementara kepada mantan pekerja kontrak intelijen Edward Snowden, yang dicari karena membocorkan informasi program pengintaian rahasia oleh Amerika.

Rusia dan Amerika juga berbeda pendapat mengenai Suriah, dimana Rusia mempersenjatai rezim Assad dan Amerika mendukung pihak pemberontak.
XS
SM
MD
LG