Tautan-tautan Akses

Menlu Marty Natalegawa Perintahkan Dubes RI Periksa Daftar Penumpang MH17


Lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 Boeing 777 di Grabovo, provinsi Donetsk, Ukraina.

Lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 Boeing 777 di Grabovo, provinsi Donetsk, Ukraina.

Belum diketahui sejauh ini apakah ada warga negara Indonesia dalam penerbangan MH17 Malaysia Airlines dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Michael Tene mengatakan Menteri Luar Negeri Indonesia Marti Natalegawa telah memerintahkan Dubes RI di Den Haag dan Kuala Lumpur untuk memeriksa daftar penumpang pesawat Malaysia Airlines MH17 dan memastikan ada-tidaknya warga Indonesia yang menjadi korban.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak melalui Twitter mengatakan merasa sangat terkejut dengan berita kecelakaan ini dan memerintahkan penyelidikan segera. Namun Menteri Pertahanan Malaysia Hishamuddin Hussein mengatakan belum mendapat kabar soal apakah pesawat itu ditembak misil atau kecelakaan murni. Kedua pejabat tersebut kini sedang mengadakan rapat darurat di Kuala Lumpur.

Pesawat jenis Boeing 777 yang membawa 280 penumpang dan 15 awak itu sedang melakukan perjalanan dari Amsterdam, Belanda, menuju ke Kuala Lumpur, Malaysia. Pesawat dengan nomor penerbangan MH17 itu meninggalkan Amsterdam jam 12.15 Kamis malam dan diperkirakan tiba di Kuala Lumpur jam 6.10 Jum'at pagi. Belum diketahui kewarganegaraan para penumpang dan awak pesawat.

Kantor berita Rusia Interfax mengutip sumber di penerbangan mengatakan pesawat naas itu jatuh 50 kilometer dari perbatasan Ukraina-Rusia di mana sedang terjadi pertempuran antara pasukan pemerintah Ukraina dan kelompok separatis pro-Rusia.

Kantor berita Associated Press melaporkan Kremlin mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Barack Obama membahas kecelakaan ini melalui telepon. Sebelumnya Gedung Putih mengatakan Presiden Obama telah memerintahkan pejabat-pejabat senior pemerintahannya untuk tetap melakukan kontak dengan pejabat-pejabat Ukraina terkait hal ini.

Asap tebal dilaporkan membubung tinggi di sebuah desa di Ukraina Timur dan beberapa gambar reruntuhan pesawat mulai dipasang beberapa orang di Twitter. Namun belum ada yang bisa memastikan nasib 280 penumpang dan 15 awak pesawat.

Sebelumnya penasehat Kementerian Dalam Negeri Ukraina Anton Gerashenko melalui Facebook, yang kemudian dikutip sejumlah kantor berita mengatakan bahwa pesawat itu sedang terbang di ketinggian 10.000 meter ketika ditembak jatuh misil darat ke udara jenis Buk. Jangkauan misil jenis ini diketahui bisa mencapai ketinggian 22.000 meter. Tetapi belum ada yang bisa memastikan hal tersebut.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko dan pemimpin kelompok separatis pro-Rusia Andrei Purgin sama-sama menyangkal telah menembak jatuh pesawat itu.

Lokasi jatuhnya pesawat di Ukraina timur, merupakan tempat pertempuran sengit antara pasukan pemerintah Ukraina dan separatis pro-Rusia. Sebuah serangan udara di daerah tersebut awal pekan ini menewaskan 11 orang. Belum jelas siapa yang melakukan serangan itu; pemberontak menyalahkan angkatan udara Ukraina.

Sewaktu kecelakaan pesawat itu dilaporkan, separatis pro-Rusia mengklaim menembak jatuh pesawat angkut militer An-26 Ukraina di kota Torez, sekitar 10 km dari kota Snizhne. Hari Senin, pesawat militer An-26 Ukraina ditembak jatuh di wilayah Luhansk, Ukraina timur.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG