Tautan-tautan Akses

Protes Tugu Yasukuni, Menlu Korea Selatan Batal Kunjungi Jepang


Menlu Korsel Yun Byung-se membatalkan rencana kunjungannya ke Jepang sebagai protes (foto: dok).

Menlu Korsel Yun Byung-se membatalkan rencana kunjungannya ke Jepang sebagai protes (foto: dok).

Menlu Korsel Yun Byung-se membatalkan kunjungan ke Jepang itu sebagai protes setelah tiga Menteri Jepang berdoa di tugu Yasukuni yang kontroversial.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan telah membatalkan kunjungan resmi ke Tokyo pekan ini setelah Perdana Menteri Jepang memberi sumbangan dan 3 orang Menteri kabinet Jepang berdoa di tugu peringatan militer yang kontroversial, di mana beberapa penjahat perang dihormati.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan hari Senin bahwa Menteri Luar Negeri Yun Byung-se tadinya berencana untuk menyusun garis besar arah hubungan bilateral dengan Jepang, tetapi membatalkan kunjungan itu sebagai protes setelah 3 menteri Jepang berdoa di tugu Yasukuni dalam beberapa hari ini.

Seorang jurubicara pemerintah Jepang mengatakan Perdana Menteri Shinzo Abe tidak mengunjungi tugu tersebut tetapi menyumbang hiasan altar dari ranting pohon.

Tugu peringatan Yasukuni di Tokyo menghormati pahlawan perang Jepang yang sudah meninggal, termasuk 14 pemimpin yang setelah perang dunia kedua didapati mahkamah melakukan kejahatan perang pada masa perang.

Kunjungan para pejabat pemerintah ke tugu Yasukuni tetap menimbulkan kejengkelan negara-negara tetangga Jepang di Asia.
XS
SM
MD
LG