Tautan-tautan Akses

AS

Menlu Kerry akan Bahas Kerjasama Keamanan AS-Jepang


Menlu AS John Kerry tiba di Tokyo hari Rabu (2/10), mengawali lawatan 6 harinya ke Asia.

Menlu AS John Kerry tiba di Tokyo hari Rabu (2/10), mengawali lawatan 6 harinya ke Asia.

Juru bicara Pentagon mengatakan Menlu AS John Kerry tiba di Tokyo hari Rabu (2/10), sehari sebelum pertemuan Komite Konsultatif Keamanan Amerika-Jepang.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry telah memulai lawatan enam hari ke Asia untuk memperkuat kerjasama keamanan dengan Jepang dan menggalakkan perdagangan bebas antar negara-negara Asia-Pasifik.

Juru bicara Pentagon mengatakan Kerry tiba di Tokyo hari Rabu (2/10), sehari sebelum pertemuan Komite Konsultatif Keamanan Amerika-Jepang, yang terakhir bertemu di Washington tahun 2011.

Menteri Pertahanan Chuck Hagel akan bergabung bersama John Kerry dalam pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida dan Menteri Pertahanan Itsunori Onodera.

Kantor berita Jepang Kyodo mengatakan kedua pihak akan membahas perubahan pengaturan keamanan sepuluh tahun ini, untuk mencerminkan apa yang dilihat Jepang sebagai tantangan baru dari kegiatan-kegiatan maritim China yang lebih berapi di perairan yang disengketakan.

Menteri Luar Negeri John Kerry hari Jum’at dijadwalkan bertolak dari Tokyo menuju Bali untuk mengikuti pertemuan tingkat menteri forum APEC.

Washington melihat ke-21 negara anggota APEC sebagai forum utama untuk meningkatkan perdagangan dan investasi di kawasan dan juga membantu mencapai tujuan untuk menyeimbangkan kembali kebijakan Amerika pada Asia.

John Kerry telah menghabiskan sebagian besar waktunya dalam delapan bulan memegang jabatannya untuk beberapa upaya diplomatik lain, khususnya yang bertujuan menyelesaikan konflik Arab-Israel.

Presiden Barack Obama dijadwalkan akan bergabung dengan John Kerry di Bali dalam KTT APEC hari Sabtu, hari pertama yang sedianya merupakan lawatan kepresidenan ke empat negara Asia.

Tetapi Gedung Putih menyatakan Presiden Obama telah membatalkan dua lawatannya ke Filipina dan Malaysia untuk menangani penghentian kegiatan pemerintah federal Amerika.

Menurut pernyataan itu, sebaliknya John Kerry yang akan memimpin delegasi Amerika ke Filipina & Malaysia. Dikatakan Presiden Obama memastikan kembali kemitraan dan aliansi kuat Amerika dengan Malaysia dan Filipina, dan bertekad melawat ke kedua negara itu pada akhir masa jabatannya.

Beberapa laporan media mengatakan Presiden Obama berharap bisa menggunakan KTT APEC ini untuk mendorong kemajuan dalam perundingan kesepakatan perdagangan bebas kawasan yang dikenal sebagai Trans-Pacific Partnership atau TPP.

Ke-12 negara yang terlibat dalam perundingan itu mencakup Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, Amerika dan Vietnam.
XS
SM
MD
LG