Tautan-tautan Akses

Menlu AS-Iran Lanjutkan Perundingan Nuklir di Jenewa


Menu AS John Kerry dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif sebelum pertemuan di Jenewa (14/1).

Menu AS John Kerry dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif sebelum pertemuan di Jenewa (14/1).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry berada di Jenewa untuk melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif guna mempercepat perundingan internasional mengenai program nuklir Iran.

Menlu Amerika dan Iran mendadak melanjutkan kembali perundingan mereka mengenai program nuklir Iran.

Menlu Amerika John Kerry kembali ke hotel mereka di Jenewa Rabu (14/1) malam untuk melakukan pertemuan yang tidak dijadwalkan sebelumnya dengan Menlu Iran Javad Zarif.

Keduanya sebelumnya bertemu selama lima jam untuk memperbaharui upaya guna mencapai sebuah kesepakatan.

Pejabat senior Departemen LN Amerika mengatakan mereka membahas berbagai isu. Pejabat itu mengatakan Kerry dan Zarif kemudian memberikan arahan kepada timnya masing-masing menjelang putaran perundingan berikutnya yang akan dimulai hari Kamis.

Sebelumnya, Zarif mengatakan pertemuannya dengan Kerry menunjukkan Iran dan kelompok negara-negara besar siap untuk “mempercepat” perundingan mereka dengan harapan mencapai sebuah kesepakatan selambat-lambatnya pada tenggat baru 1 Juli.

Tapi Zarif menempatkan beban untuk mencapai kesepakatan pada Amerika dan lima negara lainnya yang berunding dengan Iran.

Zarif menyebut pembicaraan dengan Kerry “penting” tapi tetap berhati-hati mengenai pencapaian kesepakatan dan menolak merinci isu-isu yang memecah para perunding.

Katanya “semua isu adalah sulit sampai kita menyelesaikannya dan semua isu mudah jika kita mengatasinya”

Kerry tidak berkomentar sebelum pertemuan itu. Ia sebelumnya minggu ini mengatakan perundingannya dengan Zarif akan menjadi kesempatan bagi kedua menlu untuk menilai pendirian kedua pihak.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG