Tautan-tautan Akses

Menlu Jerman Serukan Ukraina Tidak Diberi Senjata


Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter berbicara di Kementerian Luar Negeri AS (11/3). (AP/Molly Riley)

Pemberian senjata kepada Ukraina dianggap dapat mengakibatkan konflik yang sedang berlangsung menjadi tidak terkendali.

Menteri Luar Negeri Jerman memperingatkan agar Ukraina jangan dikirimi persenjataan untuk perangn melawan separatis pro-Rusia, dengan mengatakan tindakan demikian dapat menimbulkan peningkatan yang permanen dan berbahaya krisis yang dihadapi Kyiv dan Moskow.

Menteri Luar negeri Frank Walter-Steinmeier mengeluarkan pernyataan itu Kamis (12/3) di Washington setelah berbicara dengan Menteri Luar negeri Amerika John Kerry.

Ia mengatakan kepada hadirin di Pusat Pengkajian Strategi dan Internasional bahwa pemberian senjata kepada Ukraina dapat mengakibatkan konflik yang sedang berlangsung menjadi tidak terkendali.

Steinmeier juga meramalkan bahwa desakan dari dalam dan luar Amerika Serikat untuk mempersenjatai Ukraina akan meningkat kalau pemberontak pro-Rusia berusaha merebut pelabuhan laut Ukraina, Marupol, yang penting dari segi strategi.

Peringatan terbaru Jerman itu dikeluarkan hanya beberapa hari setelah dutabesar negara itu diAmerika mengatakan Presiden Barack Obama telah memutuskan untuk tidak mengirim persenjataan ke Ukraina saat ini.

XS
SM
MD
LG