Tautan-tautan Akses

Menlu Jerman, Menlu AS akan Bahas Soal Spionase di Wina


Menlu Jerman Frank-Walter Steinmeier (Foto: dok).

Menlu Jerman Frank-Walter Steinmeier (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry di sela-sela pembicaraan tentang program nuklir Iran di Wina, akhir pekan ini.

Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier mengatakan ia akan bertemu Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry akhir pekan ini untuk membahas tuduhan bahwa Amerika memata-matai Jerman, yang telah mengganggu hubungan antara kedua sekutu.

Steinmeier mengatakan kepada wartawan di Berlin hari Jumat (11/7) bahwa pertemuan itu akan berlangsung di sela-sela pembicaraan di Wina tentang program nuklir Iran.

Jerman hari Kamis (11/7) meminta agen intelijen Washington di Berlin agar meninggalkan negara itu sebagai akibat dari dua kasus dan perselisihan yang sedang berlangsung atas laporan tahun lalu, bahwa Amerika menyadap komunikasi melalui Internet di Jerman dan mendengarkan percakapan melalui ponsel Kanselir Angela Merkel.

Steinmeier mengatakan laporan bahwa intelijen Amerika telah merekrut dua orang Jerman, seorang pria yang bekerja di badan intelijen luar negeri negara itu dan seorang karyawan kementerian pertahanan tersebut "menggusarkan.''

XS
SM
MD
LG