Tautan-tautan Akses

Menlu India Kunjungi Pakistan Menyusul KTT Keamanan


Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj (foto: dok).

Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj (foto: dok).

Menteri Luar Negeri India mengunjungi Pakistan untuk konferensi regional tentang Afghanistan dan berbicara dengan para pemimpin Pakistan.

Kunjungan Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj ke Islamabad itu menyusul pembicaraan tingkat tinggi di Bangkok antara kedua negara yang bersaing itu.

Konfirmasi India bahwa Swaraj akan melakukan perjalanan ke Islamabad Selasa (7/12) untuk menghadiri Konferensi "Heart of Asia" itu muncul sehari, setelah kedua negara meluncurkan upaya untuk melanjutkan dialog perdamaian.

Kunjungan Swaraj akan menjadi yang pertama oleh seorang menteri luar negeri India ke Pakistan dalam tiga tahun, dan ini penting karena menandai sebuah terobosan dalam hubungan antara New Delhi dan Islamabad.

Penasihat Pakistan untuk kebijakan luar negeri, Sartaz Aziz menegaskan bahwa Swaraj akan bertemu denggannya dan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif di sela-sela konferensi Afghanistan.

Para pengamat mengatakan pertemuan empat jam di Bangkok pada hari Minggu antara pejabat keamanan kedua negara telah memecah kebuntuan selama ini.

Dua upaya sebelumnya untuk mengadakan dialog telah runtuh. Yang terbaru adalah pada bulan Agustus, ketika pembicaraan dibatalkan menyusul perselisihan sengit terkait agenda dan karena India sangat keberatan dengan sebuah pertemuan yang direncanakan antara pejabat Pakistan dan separatis Kashmir. [gp]

XS
SM
MD
LG