Tautan-tautan Akses

Menlu India dan Pakistan Sambut ‘Era Baru’ Kerjasama Bilateral


Menlu India Somanahalli Mallaiah Krishna (kiri) menerima kunjungan Menlu Pakistan Hina Rabbani Khar di New Delhi (27/7).

Menlu India Somanahalli Mallaiah Krishna (kiri) menerima kunjungan Menlu Pakistan Hina Rabbani Khar di New Delhi (27/7).

Dalam pembicaraan di New Delhi, Menlu Pakistan Hina Rabbani Khar mengatakan ingin membuka babak baru persahabatan dan saling pengertian.

Menteri Luar Negeri India dan Pakistan menyambut “kerjasama era baru” hari Rabu, setelah bertemu untuk pertama kalinya sejak pembicaraan damai antar kedua negara yang memiliki nuklir itu dimulai kembali awal tahun ini. .

Meskipun pembicaraan di ibukota India – New Delhi – tidak membuat terobosan berarti, Menteri Luar Negeri India SM Khrisna mengatakan hubungan bilateral sudah berada di jalur yang tepat.

Menteri Luar Negeri Pakistan Hina Rabbani Khar mengatakan Pakistan ingin membuka babak baru persahabatan dan saling pengertian, dengan menambahkan bahwa generasi baru di India dan Pakistan mengharapkan hubungan yang lebih baik dibanding sepuluh tahun lalu.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pejabat menegaskan kembali komitmen mereka untuk bekerjasama memberantas terorisme dan meningkatkan perdagangan. Mereka juga setuju pada beberapa hal untuk memulihkan kehidupan di Kashmir – seperti melipatgandakan kesempatan bagi para pedagang untuk menyebrangi apa yang disebut “garis kontrol” yang membagi wilayah yang disengketakan itu dari dua hari menjadi empat hari seminggu, dan memperluas perjalanan wisata dan ibadah keagamaan.

Sebelum pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri India SM Khrisna mengatakan kepada para wartawan kerjasama dengan Pakistan adalah demi perdamaian – bukan hanya bagi kedua negara – tetapi juga “seluruh kawasan dan dunia”.

Pembicaraan damai antara kedua negara di Asia Selatan itu dimulai kembali bulan Februari, lebih dari dua tahun setelah serangan oleh militan Pakistan di pusat keuangan India – Mumbai – menewaskan 166 orang tahun 2008.

XS
SM
MD
LG