Tautan-tautan Akses

AS

Menlu dan Menhan Rusia akan Melawat ke Washington


Kantor Deplu Amerika mengumumkan rencana kedatangan menlu dan Menhan Rusia ke Washington DC, Jumat mendatang, 9 Agustus 2013 (Foto: dok).

Kantor Deplu Amerika mengumumkan rencana kedatangan menlu dan Menhan Rusia ke Washington DC, Jumat mendatang, 9 Agustus 2013 (Foto: dok).

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Menteri Luar Negeri John Kerry dan Menteri Pertahanan Chuck Hagel akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Rusia hari Jumat di Washington.

Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pembicaraan dengan menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu akan mencakup pembicaraan mengenai Suriah, Afghanistan, Iran dan perjanjian senjata START yang baru.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengatakan kepada harian New York Times bahwa Kremlin memperkirakan pembicaraan akan sangat gencar dan tegang. Ia mengatakan ada beberapa pertanyaan tajam, kontroversial, dan sulit yang dihadapi kedua negara.

Washington telah mengatakan mereka sedang menilai ulang pertemuan puncak bulan depan di Moskow antara Presiden Barack Obama dan Vladimir Putin.

Ketika merekam penampilannya dalam televisi NBC Tonight Show, Obama mengatakan hari Selasa kadang-kadang Rusia terjerumus kembali ke pemikiran Perang Dingin. Ia mengatakan ia selalu mengingatkan Putin bahwa pemikiran demikian adalah di masa lampau.

Amerika Serikat kecewa karena Rusia memberi suaka sementara kepada mantan pegawai badan intelijen Edward Snowden, yang dikejar Amerika karena membocorkan informasi mengenai rahasia program pengintaian hubungan telepon dan internet.

Presiden menyebut pengintaian pemerintah itu komponen sangat penting bagi kontra-terorisme.
XS
SM
MD
LG