Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton Tekankan Pentingnya Akses ke Air Bersih


Menlu AS Hillary Clinton menekankan pentingnya ketersediaan air bersih pada Hari Air Sedunia 2012 di Washington.

Menlu AS Hillary Clinton menekankan pentingnya ketersediaan air bersih pada Hari Air Sedunia 2012 di Washington.

Menlu Clinton menggarisbawahi pentingnya ketersediaan air bersih hari Kamis dalam peringatan Hari Air Sedunia 2012 di Washington.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan akses ke air bersih sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan masyarakat, sementara laporan baru intelijen Amerika memperingatkan akan risiko ketidakstabilan akibat masalah air dalam dekade mendatang.

Di Washington, hari Kamis, yang merupakan Hari Air Sedunia 2012, Menlu Clinton menggarisbawahi pentingnya ketersediaan sumber daya itu. Ia mengatakan akses ke air bersih juga berimplikasi besar pada kesehatan.

Clinton mengatakan isu ini merupakan keprihatinan seluruh dunia, termasuk di Amerika, di mana ia mengatakan telah terjadi peningkatan masalah dalam memenuhi kebutuhan air di padang pasir, wilayah barat daya Amerika dan dalam menangani banjir di wilayah timur Amerika.

Sementara itu, sebuah laporan Badan Intelijen Nasional Amerika mengatakan bahwa dalam dekade mendatang, banyak kawasan di seluruh dunia akan mengalami masalah air yang akan meningkatkan risiko ketidakstabilan dan kegagalan negara.

Laporan Evaluasi Komunitas Intelijen itu mengatakan masalah air akan meningkatkan ketegangan regional dan mengalihkan perhatian negara-negara untuk bekerjasama dengan Amerika dalam isu-isu penting. Laporan itu bertujuan untuk menilai dampak isu air global terhadap kepentingan keamanan Amerika selama 30 tahun ke depan.

Laporan itu mengatakan daerah-daerah yang akan paling terpengaruh adalah Afrika Utara, Timur Tengah dan Asia Selatan.

XS
SM
MD
LG