Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton Serukan Pembebasan Tahanan Politik di Belarus


Menlu AS Hillary Clinton mendesak pembebasan tidak bersyarat seluruh tahanan politik di Belarus (6/12).

Menlu AS Hillary Clinton mendesak pembebasan tidak bersyarat seluruh tahanan politik di Belarus (6/12).

Menlu Amerika Hillary Clinton telah meminta pembebasan tidak bersyarat seluruh tahanan politik di Belarus dan mengecam Belarus karena menghukum para pendukung demokrasi.

Berbicara dihadapan Pertemuan Masyarakat Madani Belarus di Lithuania hari Selasa (6/12), Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan kepada tujuh aktivis Belarus bahwa Amerika akan terus mengupayakan kebebasan bagi sekitar 50 orang yang masih di penjara atau yang masih dikenai pembebasan bersyarat.

Clinton menegaskan sikap Amerika, “Bersama rekan-rekan kami di Uni Eropa dan negara demokrasi lainnya, Amerika akan terus mengambil tindakan terhadap rejim Lukashenko, termasuk sanksi-sanksi dan larangan bepergian."

Clinton mengatakan bahwa pemerintah AS memahami bahwa tahun ini “ amat sulit” bagi rakyat Belarus. Ia menambahkan bahwa sampai pemerintah mengambil langkah-langkah nyata untuk meningkatkan HAM dan kondisi demokrasi, hubungan Belarus dengan Amerika tidak akan membaik.

Komentar Menlu Clinton keluar di sela-sela pertemuan Organisasi Kerjasama Keamanan Eropa, dimana ia juga mengecam pemilu Russia yang cacat. Ia mengatakan negara-negara yang gagal mencegah pelanggaran HAM “mengabaikan kepercayaan rakyat pada pemerintah mereka”.

XS
SM
MD
LG