Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton: Pertempuran Melawan Terorisme Belum Selesai


Menlu AS Hillary Clinton memberikan pernyataan soal tewasnya Osama bin Laden di Washington, Senin (2/5).

Menlu AS Hillary Clinton memberikan pernyataan soal tewasnya Osama bin Laden di Washington, Senin (2/5).

Menlu AS Hillary Clinton mengatakan pertempuran melawan al-Qaida dan sindikat terornya tidak akan berhenti dengan tewasnya Osama bin Laden.

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton mengatakan pertempuran melawan al-Qaida dan sindikat terornya tidak akan berhenti dengan tewasnya Osama bin Laden.

Clinton mengatakan Amerika akan meneruskan pengejaran terhadap mereka yang membunuh orang yang tak bersalah.

Ia mengatakan Amerika akan meneruskan perang melawan Taliban di Afghanistan dan memperingatkan kelompok itu bahwa mereka tidak bisa berlarut-larut berperang atau mengalahkan Amerika. Tetapi ia mengatakan Taliban bisa membuat pilihan untuk meninggalkan persekutuannya dengan al-Qaida.

Direktur CIA Leon Panetta mengatakan Senin, kelompok teroris ini “sudah hampir pasti” akan berusaha membalas dendam. Ia mengatakan kepala al-Qaida sudah mati tetapi al-Qaida belum.

Departemen Keamanan Dalam Negeri mengatakan pihaknya tidak bermaksud menerbitkan sebuah peringatan keamanan yang baru untuk Amerika, tetapi mencatat bahwa negara masih berada pada kondisi siaga tinggi.

Departemen Luar Negeri Amerika memperingatkan warga Amerika yang melakukan perjalanan ke luar negeri atau tinggal di luar negeri agar waspada menyusul pembunuhan bin Laden.

Sebuah peringatan perjalanan diterbitkan Senin, mengatakan pembunuhan ini bisa memicu “kekerasan anti Amerika” di beberapa kawasan. Katanya, warga Amerika yang berada di daerah seperti itu harus membatasi perjalanan dan menghindari kumpulan masa serta demonstrasi.

XS
SM
MD
LG