Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton Peringati Hari Gipsi Internasional


Warga Gipsi yang tersebar di berbagai negara di Eropa masih mendapatkan perlakuan diskriminatif.

Warga Gipsi yang tersebar di berbagai negara di Eropa masih mendapatkan perlakuan diskriminatif.

Clinton menyerukan para pemimpin Eropa agar meningkatkan upaya guna mencegah diskriminasi terhadap warga Roma atau Gipsi.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton memperingati Hari Roma Internasional hari Jumat dengan imbauan bagi para pemimpin Eropa agar meningkatkan upaya guna mencegah diskriminasi terhadap orang-orang Roma yang dikenal sebagai Gipsi.

Clinton merilis pernyataan yang menyebutkan orang-orang Gipsi terus mengalami diskriminasi rasial, kekerasan dan pembedaan.

Ia mendesak pemerintah Eropa agar memastikan anggota kelompok etnis itu tidak didiskriminasi ke akses pendidikan, perawatan kesehatan, perumahan dan pekerjaan.

Hari Selasa, Uni Eropa menyerukan ke 27 negara anggotanya agar menyerahkan strategi nasional menjelang akhir tahun ini guna integrasi yang lebih baik dan memperbaiki kondisi hidup orang-orang Gipsi.

Uni Eropa mengatakan, negara-negara anggota punya tanggung jawab bersama untuk mengakhiri pengecualian terhadap orang Gipsi dari sekolah, pekerjaan, perawatan kesehatan dan perumahan.

XS
SM
MD
LG