Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton Lakukan Kunjungan Mendadak ke Pakistan


Menlu AS Hillary Clinton saat melakukan kunjungan ke Islamabad tahun lalu (foto: dok.)

Menlu AS Hillary Clinton saat melakukan kunjungan ke Islamabad tahun lalu (foto: dok.)

Kunjungan ini bertujuan memperbaiki hubungan yang telah rusak sejak pasukan komando AS menewaskan Osama bin Laden di Pakistan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton telah tiba di ibukota Pakistan dalam kunjungan yang tidak diumumkan sebelumnya dan bertujuan untuk memperbaiki hubungan yang telah rusak sejak pasukan komando Amerika menewaskan Osama bin Laden di Pakistan.

Kedatangannya di Islamabad hari Kamis diadakan setelah pejabat Amerika mengatakan Pakistan telah setuju mengizinkan CIA untuk memeriksa kompleks dimana pemimpin al-Qaida itu tinggal sebelum tewas.

Pasukan komando Amerika dengan cepat menggledah kompleks di Abbottabad itu segera setelah penggrebekan tanggal 2 Mei yang mengakibatkan bin Laden tewas, tetapi para pejabat intelijens Amerika berharap untuk memperoleh kesempatan lagi melakukan penggledahan yang seksama.

Clinton mengatakan kepada wartawan dalam pertemuan baru-baru ini di Paris bahwa Pakistan tidak selalu bertindak dengan tegas dalam perang melawan terorisme dan sudah waktunya bagi Islamabad untuk memenuhi harapan Washington. Clinton tidak mengatakan apa harapan tersebut.

Walaupun ada ketegangan dengan Pakistan belakangan ini, Clinton mengatakan Amerika perlu memelihara hubungan strategi jangka panjang. Dia juga memuji Pakistan atas tindakan-tindakannya dalam perangnya sendiri melawan teroris.

Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani mengatakan hari Rabu negaranya sedang memasuki tahap baru yang genting dalam perang melawan terorisme.

XS
SM
MD
LG