Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton Kecam Pembocoran oleh WikiLeaks


Menlu AS Hillary Clinton memberikan pernyataan soal pembocoran dokumen oleh WikiLeaks.

Menlu AS Hillary Clinton memberikan pernyataan soal pembocoran dokumen oleh WikiLeaks.

Clinton mengatakan pembeberan itu merupakan serangan terhadap kepentingan kebijakan luar negeri Amerika dan masyarakat internasional.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengecam pembocoran oleh WikiLeaks kawat-kawat diplomatik Amerika yang berjumlah lebih dari seperempat juta.

Clinton mengatakan pembeberan itu merupakan serangan terhadap kepentingan kebijakan luar negeri Amerika dan masyarakat internasional. Diplomat teras Amerika ini mengatakan Amerika mengambil langkah-langkah agresif guna menuntut pertanggungjawaban dari mereka yang mencuri informasi itu.

Katanya, pembeberan itu menyebabkan nyawa-nyawa orang tertentu terancam dan tindakan khusus akan diambil oleh Departemen Luar Negeri dan Departemen Pertahanan guna mencegah agar pelanggaran semacam itu tidak terulang. Ia mempertegas bahwa kebijakan luar negeri tidak disusun berdasarkan kawat-kawat diplomatik itu dan bahwa kebijakan luar negeri Amerika tersedia sebagai catatan publik.

Sebelumnya, Jaksa Agung Eric Holder mengatakan kini sedang berlangsung penyelidikan kejahatan sehubungan dengan pembocoran informasi itu.

Dokumen-dokumen itu memperlihatkan perincian dari penilaian para diplomat Amerika terhadap para pemimpin dunia dan peristiwa-peristiwa tertentu, serta mereka mengutip diskusi tingkat teras dengan para pejabat di seluruh dunia.

XS
SM
MD
LG