Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton di India untuk Pembicaraan Ekonomi dan Keamanan


Menlu AS Hillary Clinton (kiri) disambut oleh Wakil Menlu India, Nirupama Rao saat tiba di New Delhi (18/7).

Menlu AS Hillary Clinton (kiri) disambut oleh Wakil Menlu India, Nirupama Rao saat tiba di New Delhi (18/7).

Kunjungan Menlu Clinton ini merupakan bagian dari dialog strategis Amerika-India yang dimulai tahun lalu di Washington.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton tiba di India Senin malam untuk melangsungkan pembicaraan yang ditujukan untuk memperkokoh hubungan politik dan ekonomi dengan negara Asia Selatan itu.

Kunjungan Clinton ini merupakan bagian dari dialog strategis Amerika –India yang dimulai tahun lalu dengan pembicaraan di Washington. Selama di India, Menteri Clinton akan bertemu para pemimpin India dan membahas masalah-masalah seperti situasi keamanan di negara tetangga Afghanistan dan Pakistan.

Lawatannya ini berlangsung hampir satu pekan setelah serangkaian ledakan di kawasan finansial India, Mumbai, yang menewaskan 19 orang.

Tidak ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas aksi tiga pemboman yang melukai lebih dari 130 orang itu.

Pada hari Rabu, Clinton akan melakukan perjalanan ke kota Chennai, India Selatan, dimana ia dijadualkan bertemu sejumlah perwakilan dari perusahaan-perusahaan Amerika.

Selain hubungan keamanan dan ekonomi regional, kesepakatan kerjasama nuklir sipil Amerika-India pada tahun 2008 juga akan menjadi topik diskusi pada dialog strategis itu. Para pemimpin India juga diperkirakan akan mengangkat peraturan visa Amerika yang mempengaruhi para professional India yang berada di Amerika.

XS
SM
MD
LG