Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton Berbicara dengan Pemimpin Pemberontak Libya di Turki


Menlu AS Hillary Rodham Clinton saat tiba di Istanbul, Turki untuk menghadiri pembicaraan mengenai masa depan Libya (15/7).

Menlu AS Hillary Rodham Clinton saat tiba di Istanbul, Turki untuk menghadiri pembicaraan mengenai masa depan Libya (15/7).

Pemerintah AS akan memperkuat hubungan dengan oposisi Libya yang akan memaparkan rencana terinci pemerintahan demokratis.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton telah tiba di Turki untuk menghadiri pembicaraan internasional mengenai Libya yang diperkirakan akan memperdalam hubungan Washington dengan pasukan oposisi yang berjuang untuk menggulingkan pemimpin Libya Moammar Gaddafi.

Clinton akan berbicara hari ini dengan para pemimpin dari anggota lain Kelompok Kontak mengenai Libya untuk mempertimbangkan masa depan negara Afrika Utara itu dan membicarakan langkah lebih jauh untuk membantu Dewan Transisi Nasional yang berbasis di Benghazi.

Para pejabat tinggi Amerika yang menyertai Clinton mengatakan Washington akan memperkuat hubungannya dengan dewan itu segera setelah dewan itu menunjukkan rencana terinci untuk pemerintahan demokratis, transparan dan mengikutsertakan semua golongan.

Para pejabat Amerika mengatakan mereka menghendaki keterangan lebih jauh mengenai apa strategi dewan itu untuk membimbing negara ke pemilu demokratis dan memperluas basisnya ke luar wilayahnya di Libya bagian timur.

Para tokoh oposisi diperkirakan akan membentangkan rencana mereka untuk maju dalam pertemuan kelompok kontak hari ini di Istanbul, pertemuan internasional yang ke-4 mengenai Libya sejak Maret, ketika pergolakan mulai.

Amerika Serikat dan sejumlah negara yang meningkat menganggap dewan itu mewakili rakyat Libya tetapi belum memberi pengakuan diplomatik. Langkah tersebut kelak dapat membukakan dana Libya yang dibekukan di Amerika Serikat untuk bakal pemerintah yang kekurangan dana di Benghazi.

XS
SM
MD
LG