Tautan-tautan Akses

AS

Menlu Clinton Akan Kunjungi Asia Timur


Hillary Clinton akan kunjungi konferensi mengenai Suriah dan Afghanistan. (Photo: AP)

Hillary Clinton akan kunjungi konferensi mengenai Suriah dan Afghanistan. (Photo: AP)

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton akan kunjungi Asia Timur untuk hadiri konferensi mengenai Suriah dan Afghanistan.

Departemen Luar Negeri Amerika mengumumkan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton kini menuju Paris, kemudian Asia Timur, untuk menghadiri konferensi mengenai Suriah dan Afghanistan sebelum melakukan kunjungan bersejarah ke Laos.

Menteri Clinton dijadwalkan tiba di Paris Kamis, di mana ia akan menghadiri pertemuan ketiga “Sahabat-sahabat Rakyat Suriah,” sebuah kelompok kontak negara-negara yang berharap menemukan solusi atas kekerasan di Suriah. Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Clinton akan berkonsultasi dengan koleganya mengenai langkah-langkah untuk meningkatkan tekanan terhadap Presiden Suriah, Bashar al-Assad, dan mendukung upaya internasional guna mengakhiri kekerasan dan mewujudkan transisi politik.

Ia juga diperkirakan akan berkonsultasi tentang keprihatinan lainnya dengan para pemimpin Perancis dan dengan Presiden Otorita Palestina Mahmoud Abbas mengenai hubungan dengan Israel.

Dari Paris, Clinton akan ke Tokyo untuk menghadiri konferensi tentang Afghanistan untuk menegaskan kembali komitmen Amerika bagi rakyat Afghanistan.

Persinggahan berikutnya dalam lawatan itu termasuk Mongolia pada 9 Juli, Vietnam sehari kemudian, dan Rabu depan, ia akan tiba di Vientiane, ibukota Laos, menjadi Menteri Luar Negeri Amerika pertama yang berkunjung ke negara di Asia Tenggara itu dalam 57 tahun.
XS
SM
MD
LG