Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton akan Bahas Suriah dalam Forum di Turki


Menlu AS Hillary Clinton (kanan) melakukan pembicaraan dengan Menlu Turki, Ahmet Davutoglu di Istanbul (6/6).

Menlu AS Hillary Clinton (kanan) melakukan pembicaraan dengan Menlu Turki, Ahmet Davutoglu di Istanbul (6/6).

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton berada di Istanbul, Turki dimana ia akan ambil bagian dalam sebuah forum internasional tentang kontra-terorisme.

Hampir 30 negara akan ikut serta dalam forum tersebut. Dalam acara selama dua hari yang dimulai hari Kamis, Menteri Luar Negeri Hillary Clinton juga membahas situasi di Suriah dengan mitra-mitranya dari kawasan itu, juga dengan Inggris dan Italia.

Hillary Clinton hari Rabu memberitahu para wartawan bahwa pembicaraan itu dimaksudkan untuk mengkoordinasikan sanksi-sanksi baru menentang pemerintah Suriah dan menemukan cara terbaik memulai transisi politik untuk menyingkirkan Presiden Bashar Al-Assad.

Turki telah mendesak masyarakat internasional untuk membantu menghentikan pembantaian warga sipil di Suriah.

Tetapi Tiongkok dan Rusia secara tegas menentang intervensi apapun atau perubahan rejim di Damaskus. Menteri Luar Negeri Hillary Clinton telah menyampaikan syarat-syarat atas usul Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, guna mengikutsertakan Iran dalam pembahasan tentang Suriah.

Hillary Clinton tiba di Istanbul dari Azerbaijan dimana ia memperingatkan pemerintah Azerbaijan yang menekan kebebasan demokrasi dan mendesak dilanjutkannya upaya perdamaian dengan Armenia.

XS
SM
MD
LG