Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton: 2.000 Demonstran Telah Tewas di Suriah


Menlu AS Hillary Rodham Clinton menerima Menlu Kanada John Baird (kiri) di Washington (4/8).

Menlu AS Hillary Rodham Clinton menerima Menlu Kanada John Baird (kiri) di Washington (4/8).

Saat bertemu Menlu Kanada hari Kamis, Clinton menghimbau tanggapan internasional yang lebih keras atas kekerasan di Suriah itu.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan para pejabat Amerika yakin lebih dari 2000 orang telah tewas dalam penindakan pemerintah Suriah selama beberapa bulan ini terhadap penentang pemerintah.

Ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri Kanada hari Kamis, Clinton menghimbau tanggapan internasional yang lebih keras dan lebih kuat atas kekerasan itu.

Clinton mengatakan Amerika sepenuhnya mendukung pernyataan Dewan Keamanan PBB hari Rabu yang mengutuk pelanggaran hak azasi di Suriah.

Tetapi, dia mengatakan usaha yang lebih besar perlu dilakukan untuk meningkatkan tekanan, dengan mengatakan negara-negara Eropa dan Arab perlu menyertai Amerika Serikat dalam mengenakan sanksi tambahan terhadap pemerintah Suriah. Dia mengatakan Presiden Suriah Bashar al-Assad telah kehilangan keabsahannya di Suriah.

Para aktivis mengatakan lebih dari 130 orang telah tewas di seluruh Suriah dalam 4 hari ini saja. Mereka mengatakan sebagian besar korban jiwa terjadi di kota Hama, yang telah ditindak keras oleh pasukan pemerintah sejak hari Minggu.

Banyak kekerasan yang terjadi sejak pergolakan mulai bulan Maret dituduh oleh pemerintah dilakukan oleh teroris dan militan.

XS
SM
MD
LG