Tautan-tautan Akses

Menlu China dan India Tidak Permasalahkan Insiden Perbatasan


PM China Li Keqiang (kanan) berjabat tangan dengan Menlu India Salman Khurshid di Beijing (10/5).

PM China Li Keqiang (kanan) berjabat tangan dengan Menlu India Salman Khurshid di Beijing (10/5).

Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan bahwa negaranya bertekad untuk menyelesaikan sengketa perbatasan India-China melalui perundingan, Kamis (9/5).

Menteri Luar Negeri China dan India tidak mempermasalahkan konfrontasi mereka baru-baru ini di perbatasan mereka yang disengketakan. Hal ini mengisyaratkan bahwa insiden tersebut tidak akan merusak kontak tingkat tinggi di masa depan.

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri India Salman Khurshid, Kamis malam (9/5) di Beijing, Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan bahwa China bertekad untuk menyelesaikan sengketa perbatasan mereka melalui perundingan.

Kantor berita resmi China mengutip Wang mengatakan China ingin mendorong hubungan ke tingkat yang baru.

Kunjungan Khurshid ke China membuka jalan bagi kunjungan balasan Perdana Menteri China Li Keqiang ke India bulan ini. Rencana kunjungan Li sempat diwarnai keraguan menyusul tuduhan New Delhi atas pelanggaran yang dilakukan oleh pasukan China, yang dikatakan melintasi perbatasan de facto antara kedua negara tanggal 15 April. Kedua pihak telah menarik pasukan dari daerah yang disengketakan itu hari Senin.
XS
SM
MD
LG