Tautan-tautan Akses

Menlu Brazil: AS Harus Berhenti Langgar Kedaulatan Brazil


Menlu AS John Kerry (kiri) dan Menlu Brazil Antonio Patriota dalam pertemuan di Istana Itamaraty di Brasilia (13/8).

Menlu AS John Kerry (kiri) dan Menlu Brazil Antonio Patriota dalam pertemuan di Istana Itamaraty di Brasilia (13/8).

Menurut Menteri Luar Negeri Brazil Antonio Patriota, program pengintaian Amerika mengganggu kerjasama dan rasa saling percaya Amerika-Brazil.

Menteri Luar Negeri Brazil Antonio Patriota mengatakan Amerika harus menghentikan praktek yang disebutnya melanggar kedaulatan Brazil.

Patriota bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry di Brasilia hari Selasa (13/8) untuk membicarakan pengintaian arus komunikasi telepon dan internet. Brazil adalah salah satu negara asing di mana NSA memata-matai komunikasi sebagai bagian dari perang melawan terorisme.

Patriota mengatakan spionase tersebut mengganggu kerjasama dan rasa saling percaya antara Amerika dan Brazil. Ia memberi indikasi bahwa Brazil tidak puas dengan penjelasan yang diberikan oleh Amerika Serikat.

Kerry mengatakan Brazil patut mendapat jawaban dan Amerika akan memberikan jawaban tersebut. Menlu AS tersebut menjelaskan bahwa program NSA telah membantu melindungi warga Amerika dan Brazil dan membela program tersebut dengan menyebutnya sebagai cara yang legal dan diawasi pemerintah Amerika.
XS
SM
MD
LG